Nasi ayam rica-rica


PROPOSAL
“NASI AYAM RICA-RICA”






DISUSUN OLEH :
Ø  PUTU SRI ANJANI
Ø KADEK JUNIATI
Ø KOMANG SANTRIANI
Ø KETUT SUTIANI
Ø PUTU JULI SUARTIKA
Ø AKBAR HIDAYAH

KELAS : XI PEMASARAN

TAHUN AJARAN :2019/2020


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan tuntunan-nyalah saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Berbicara rencana usaha atau rencana bisnis,usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam berusaha seseorang harus melakukan setiap usahanya dengan tekun agar kegiatan usaha yang dijalankan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Rencana usaha berawal dari ide usaha,kemudian ide usaha tergantung dari kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang, ide usaha juga timbul dari hobby dan minat setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang ingin menjalankan usahanya maka harus sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki dalam diri sendiri.
Proposal ini membahas tentang rencana usaha makanan ciri khas yakni Nasi Ayam yang memiliki rasa pedas. Akan tetapi pada pembuatan proposal ini saya akan fokus pada rencana pembuatan “Nasi Ayam Rica-Rica” yang memiliki citra rasa pedas, dengan kreativitas dan inovasi baru yang blum pernah di buat oleh orang lain.Pembuatan proposal ini didorong oleh kenyataan bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan.Untuk itu saya memohon saran dan kritik yang membangun atas proposal ini saya sangat diharapkan.Akhir kata saya ucapkan terima kasih

  


DAFTAR ISI
Kata pengantar....................................................................................................................... 1
Daftar isi................................................................................................................................ 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang................................................................................................................. 3
1.2  Visi................................................................................................................................... 4
1.3  Misi.................................................................................................................................. 4
1.4  Tujuan.............................................................................................................................. 4
1.5  Manfaat............................................................................................................................ 4
BAB II PEMBAHASAN
A.    Rencana Bisnis....................................................................................................................... 5
B.     Marketing Mix....................................................................................................................... 7
BAB III
 ANALISIS SWOT.............................................................................................................. 8
BAB IV
ANALISIS BIAYA.............................................................................................................. 9
BAB V
2.1 Kesimpulan...................................................................................................................... 11
2.2 Saran................................................................................................................................ 11
2.3 Penutup............................................................................................................................ 11







BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Kuliner yang di negri ini memang cukup bervariasi. Keanekaragam sajian kuliner yang ada memiliki cirri khas tersendiri. Olahan kuliner khas Indonesia memang memiliki cirri yang kental dengan cita rasa yang tak ada duanya. Salah satu kulinernya yakni ayam rica-rica. Kuliner ayam rica-rica termasuk salah satu makanan yang memiliki peminat yang sangat besar dimasyarakat. Bumbu merah yang dihasilkan dari perpaduan bumbu rempahnya mampu menggugah selera. Rasa ayam rica-rica memang sungguh nikmat.
Tak heran jika menu ayam rica-rica telah banyak disukai. Banyaknya pencinta kuliner menu ayam rica-rica juga bisa dijadikan sebagai lading untuk bisnis. Potensi usaha ayam rica-rica terbilang sangat bagus dan cermerlang. Peluang usaha ayam rica-rica sangat menarik untuk dicoba. Dimana usaha ayam rica-rica yang simpel dan mudah dijalani. Agar usaha ayam rica-rica bisa berjalan dengan baik,maka perlu menentukan lokasi bisnis yang tepat. Perhatikan lebih dahulu sebelum memilih lokasi.
Surfery lokasi dengan baik agar nanti bisa menjadikan usaha ayam rica-ricaa berjalan dengan lancer. Usahakan lokasi yang Anda pilih belum ada penjual dari bisnis kuliner yang sama sehingga bisnis ini dapat berjalan dengan maksimal. Anda juga harus memilih lokasi yang berada dikawasan yang strategis agar mudah dijangkau banyak orang.Sajian kuliner ayam rica-rica memang sangat besar peminatnya. Buatlah menu ayam rica-rica dengan cirri khas tersendiri hingga cita rasanya sangat nikmat.
Layani konsumen dengan ramah dan baik sehingga banyak yang tertarik menikmati menu yang Anda sungguhkan. Jika perlu buatlah promo dapat minuman gratis setiap 5 orang pembeli pertama dalam batas waktu yang ditentukan. Dengan begitu akan membuat daya tarik bagi semua orang.Ayam rica-rica menjadi salah satu kuliner yang memiliki peminat yang begitu besar dimasyarakat. Tak heran jika dalam menentukan konsumen usaha ayam rica-rica memang tidak sulit. Target konsumen usaha kuliner ayam rica-rica memang tak terbatas baik mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua bisa mengkonsumsi menu ayam rica-rica.






1.2.Visi Usaha
“Menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan kreativitas sajian dalam bidang kuliner”


1.3.Misi usaha
1.      Menciptakan berbagai  macam sajian kuliner terbaru yang kreatif dan inovatif dalam bidang makanan.
2.      Memberikan pelayanan prima dan unggul dalam penyajian.
3.      Penyediaan tempat yang nyaman untuk berkumpul dan bersantai.


1.4. Manfaat pembuatan proposal
·         Mencoba kreasi makanan kuliner terbaru
Ø  Tujuan
1.      Berwiraswata
2.      Menghasilkan keuntungan yang sebesar besarnya
3.      Memenuhi kebutuhan akan berbagai jenis kuliner makanan khas Indonesia.
Ø Rumusan masalah
1.      Cara membuat usaha ayam rica-rica..?
2.      Cara menghasilkan ayam rica-rica yang berkualitas dan beraneka ragam rasa yang di sukai pelanggan.
3.      Cara mengembangkan usaha ayam rica-rica agar  lebih maju dan berkembang…?



BAB II
PEMBAHASAN
A.    RENCANA BISNIS
1.      Deskripsi Usaha
Usaha ini saya dirikan karena melihat adanya sebuah peluang usaha yang sangat besar.Selain itu Ayam Rica-rica ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Pengelolaan terhadap usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima oleh masyarakat.
Saya berharap dari usaha saya ini nantinya berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan hidup serta memberikan laba yang cukup besar.ayam rica-rica yang saya berikan nama “NASI AYAM  RICA-RICA” saya buat bebas dari bahan pengawet dan rasanya girih,enak,dan pedas.


a.       Produk 
Produk yang dihasikan berupa makanan atau kuniner yamg digemari oleh banyak kalangan masyarakat yang memiliki ukuran seragam yang terbuat dari olahan daging ayam yang di beri bumbu pedas. Serta berbagai macam penunjangnya Bahan-bahan pembuatan Nasi Ayam Rica-Rica adalah :
1)      Daging ayam
2)      Minyak goreng
3)      Bawang merah
4)      Bawang putih
5)      Tomat
6)      Cabe rawit
7)      Cabe kriting
8)      Jahe dan kunyit
9)      Daun bawang
10)  Sereh
11)  Garam
12)  Masako
13)  Aji nomoto
14)  Kol
15)  Timun
16)  Beras



Alat-alat:
1)      Seropum+sendok
2)      Pisau
3)      Wajan besar
4)      Kater
5)      Sendok tirisan
6)      Sendok nasi
7)      Sendok makan
8)      Blender
9)      Mangkok
10)  Baskom
11)  Panic besar
12)  Piring


b.      Tempat
Tempat produksi dilaksanakan di SMK 1 UNAAHA. Lokasi ini dipilih karena lokasinya dekat dengan area pemasaran


c.       Proses Produksi
Cara membuat Ayam Rica-rica ini yaitu:
1.      Bersihkan ayam dan potong menjadi beberapa bagian.
2.      Panaskan minyak cukup banyak dalam wajan,lalu goreng ayam hingga setengah kekuningan  jangan sampai kuning)setelah itu angkat dan tiriskan.
3.      Kemudian panaskan minyak secukupnya didalam wajan yang akan digunakan untuk menumis,lalu tumis semua bumbu halus,gula,garam dan penyedap rasa secukupnya aduk-aduk) selanjutnya masukan ayam dan aduk hingga bumbu merata menutupi ayam.
4.      Langkah terakhir,tambahkan air secukupnya,sereh,jahe aduk hingga merata.tunggu hingga ayamnya matang dan bumbunya meresap,kemudian angkat dan sajikanserta hias dengan potongan timun dan tomat. Ayam Rica-Rica siap dipasarkan.





MARKETING MIX
1.      Product produk)
Produk yang dijual adalah”Ayam Rica-Rica”yang merupakan makanan kuliner
2.      Price harga)
Harga perbungkus Rp 10.000,00 karena harga ini sangat terjangkau dan relative murah
3.      Promation promosi)
Dalam ,elakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian satu paket dengan isi 60 bungkus
4.      Place tempat)
Tempat yang dipilih yaitu Di SMK 1 UNAAHA



BAB 111

ANALISIS SWOT
1.      Kekuatan Strenght)
Kekuatan dari produk ini adalah:
a.       Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
b.      Bahan produk yang terjamin dan higenis
2.      Kelemahan weakness)
Kelemahan dari produk ini adalah:
a.       Produknya dapat ditiru dan banyak dipasaran
b.      Tidak tahan lama
3.      Peluang Opportunity)
a.       Banyak peminat
b.      Bisa menjual sebagai reseller
c.       Lokasi strategis
4.      Ancaman Threath)
a.       Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang paling murah



BAB IV

ANALISIS BIAYA
A.    Biaya bahan baku
1.      Daging ayam 4 ekor@Rp.35.000
Rp.135.000
2.      Minyak bimoli 1 liter@Rp.12.000
Rp.  12.000
3.      Bawang merah ½ liter@Rp.12.000
Rp.  12.000
4.      Bawang putih @Rp.10.000
Rp.  10.000
5.      Tomat @Rp.5.000
Rp.    5.000
6.      Cabe rawit@Rp. 15.000
Rp.  15.000
7.      Jahe dan kunyit@Rp.5.000
Rp.    5.000
8.      Cabe kriting@Rp.5.000
Rp.    5.000
9.      Seropum+sendok
Rp.  50.000
10.  Daun bawang@Rp.5.000
Rp.    5.000
Rp.    3.000
Rp.    3.000
Rp.    3.000
Rp.    2.000
Rp.  10.000
Rp.    5.000
Rp.  48.000
Rp.    6.000
Rp.  28.000
Jumlah
Rp.362.000


B.     Biaya Peralatan

1.      Pisau
Rp.  10.000
2.      Kater
Rp.    5.000
3.      Wajan besar
Rp.  30.000
4.      Sendok tirisan
Rp.  15.000
5.      Sendok nasi
Rp.    5.000
6.      Sendok penggorengan
Rp.  15.000
7.      Blender
Rp.325.000
8.      Mangkok
Rp.  10.000
9.      Baskom
Rp.  20.000
10.  Panci besar
Rp.  30.000
Jumlah
Rp.465.000




C.    Biaya Operasional
Biaya tetap + Biaya variabel
Rp.465.000 + Rp.362.000 =Rp.827.000

D.    Pendapatan per-hari
Hasil penjualan = produksi x haraga per-unit
        = 60 porsi xRp.10.000
        = Rp.600.000 per-harinya

E.     Keuntungan per-harinya
Keuntungan = hasil penjualan – biaya produksi
   = Rp.600.000 – Rp.362.000
   = Rp.238.000
F.     Persentase keuntungan
% keuntungan = keuntungan x 100
            Biaya produksi
      = 238.000 x 100
362.000
      = 65,74%






BAB V
2.1. Kesimpulan
Kesimpulan bahwa agar produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan baik dalam negeri maupun luar negeri maka kita harus:
Ø  Membuat produk yang bermanfaat,berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing
Ø  Membuat produk lebih cepat dan lebih murah
Ø  Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan

2.2. Saran
Dapat memberikan tentang bidang usaha yang akan member jaminan sukses dalam penjualannya atau peluang usaha yang ditekuni sebagai usaha sampingan dan juga memberikan kita pelajaran untuk berwirausaha.
2.3.Penutup
Demikian proposal usaha ini saya buat untuk memenuhi tugas sekolah. Semoga langkah ini memberikan pengalaman baru dan bermanfaat untuk semua orang. Semoga Tuhan yang maha esa memberikan berkat dan rahmatnya.



Komentar