Nasi ayam rica-rica
PROPOSAL
“NASI AYAM RICA-RICA”
DISUSUN OLEH :
Ø PUTU SRI ANJANI
Ø KADEK
JUNIATI
Ø KOMANG
SANTRIANI
Ø KETUT
SUTIANI
Ø PUTU
JULI SUARTIKA
Ø AKBAR
HIDAYAH
KELAS
: XI PEMASARAN
TAHUN
AJARAN :2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan tuntunan-nyalah
saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Berbicara rencana usaha atau rencana bisnis,usaha adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam berusaha
seseorang harus melakukan setiap usahanya dengan tekun agar kegiatan usaha yang
dijalankan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Rencana usaha berawal dari
ide usaha,kemudian ide usaha tergantung dari kreativitas yang dimiliki oleh
setiap orang, ide usaha juga timbul dari hobby dan minat setiap orang. Oleh
karena itu, setiap orang ingin menjalankan usahanya maka harus sesuai dengan
minat dan bakat yang dimiliki dalam diri sendiri.
Proposal ini membahas
tentang rencana usaha makanan ciri khas yakni Nasi Ayam yang memiliki rasa
pedas. Akan tetapi pada pembuatan proposal ini saya akan fokus pada rencana
pembuatan “Nasi Ayam Rica-Rica” yang memiliki citra rasa pedas, dengan
kreativitas dan inovasi baru yang blum pernah di buat oleh orang lain.Pembuatan
proposal ini didorong oleh kenyataan bahwa proposal ini masih jauh dari
kesempurnaan.Untuk itu saya memohon saran dan kritik yang membangun atas
proposal ini saya sangat diharapkan.Akhir kata saya ucapkan terima kasih
DAFTAR
ISI
Kata pengantar....................................................................................................................... 1
Daftar isi................................................................................................................................ 2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang................................................................................................................. 3
1.2 Visi................................................................................................................................... 4
1.3 Misi.................................................................................................................................. 4
1.4 Tujuan.............................................................................................................................. 4
1.5 Manfaat............................................................................................................................ 4
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Rencana Bisnis....................................................................................................................... 5
B.
Marketing Mix....................................................................................................................... 7
BAB
III
ANALISIS SWOT.............................................................................................................. 8
BAB
IV
ANALISIS
BIAYA.............................................................................................................. 9
BAB
V
2.1 Kesimpulan...................................................................................................................... 11
2.2 Saran................................................................................................................................ 11
2.3 Penutup............................................................................................................................ 11
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Kuliner
yang di negri ini memang cukup bervariasi. Keanekaragam sajian kuliner yang ada
memiliki cirri khas tersendiri. Olahan kuliner khas Indonesia memang memiliki
cirri yang kental dengan cita rasa yang tak ada duanya. Salah satu kulinernya
yakni ayam rica-rica. Kuliner ayam rica-rica termasuk salah satu makanan yang
memiliki peminat yang sangat besar dimasyarakat. Bumbu merah yang dihasilkan
dari perpaduan bumbu rempahnya mampu menggugah selera. Rasa ayam rica-rica
memang sungguh nikmat.
Tak
heran jika menu ayam rica-rica telah banyak disukai. Banyaknya pencinta kuliner
menu ayam rica-rica juga bisa dijadikan sebagai lading untuk bisnis. Potensi
usaha ayam rica-rica terbilang sangat bagus dan cermerlang. Peluang usaha ayam rica-rica sangat
menarik untuk dicoba. Dimana usaha ayam rica-rica yang simpel dan mudah
dijalani. Agar usaha ayam rica-rica bisa berjalan dengan baik,maka perlu
menentukan lokasi bisnis yang tepat. Perhatikan lebih dahulu sebelum memilih
lokasi.
Surfery
lokasi dengan baik agar nanti bisa menjadikan usaha ayam rica-ricaa berjalan
dengan lancer. Usahakan lokasi yang Anda pilih belum ada penjual dari bisnis
kuliner yang sama sehingga bisnis ini dapat berjalan dengan maksimal. Anda juga
harus memilih lokasi yang berada dikawasan yang strategis agar mudah dijangkau
banyak orang.Sajian kuliner ayam rica-rica memang sangat besar peminatnya.
Buatlah menu ayam rica-rica dengan cirri khas tersendiri hingga cita rasanya
sangat nikmat.
Layani
konsumen dengan ramah dan baik sehingga banyak yang tertarik menikmati menu
yang Anda sungguhkan. Jika perlu buatlah promo dapat minuman gratis setiap 5
orang pembeli pertama dalam batas waktu yang ditentukan. Dengan begitu akan
membuat daya tarik bagi semua orang.Ayam rica-rica menjadi salah satu kuliner
yang memiliki peminat yang begitu besar dimasyarakat. Tak heran jika dalam
menentukan konsumen usaha ayam rica-rica memang tidak sulit. Target konsumen
usaha kuliner ayam rica-rica memang tak terbatas baik mulai dari kalangan
anak-anak hingga orang tua bisa mengkonsumsi menu ayam rica-rica.
1.2.Visi
Usaha
“Menjadi salah satu perusahaan yang
mengembangkan kreativitas sajian dalam bidang kuliner”
1.3.Misi
usaha
1. Menciptakan
berbagai macam sajian kuliner terbaru
yang kreatif dan inovatif dalam bidang makanan.
2. Memberikan
pelayanan prima dan unggul dalam penyajian.
3. Penyediaan
tempat yang nyaman untuk berkumpul dan bersantai.
1.4.
Manfaat pembuatan proposal
·
Mencoba kreasi makanan kuliner terbaru
Ø Tujuan
1. Berwiraswata
2. Menghasilkan
keuntungan yang sebesar besarnya
3. Memenuhi
kebutuhan akan berbagai jenis kuliner makanan khas Indonesia.
Ø Rumusan masalah
1. Cara
membuat usaha ayam rica-rica..?
2. Cara
menghasilkan ayam rica-rica yang berkualitas dan beraneka ragam rasa yang di
sukai pelanggan.
3. Cara
mengembangkan usaha ayam rica-rica agar
lebih maju dan berkembang…?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
RENCANA
BISNIS
1.
Deskripsi
Usaha
Usaha
ini saya dirikan karena melihat adanya sebuah peluang usaha yang sangat
besar.Selain itu Ayam Rica-rica ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dari
mulai anak-anak sampai orang dewasa. Pengelolaan terhadap usaha ini terbilang
mudah dan cepat di terima oleh masyarakat.
Saya
berharap dari usaha saya ini nantinya berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan
hidup serta memberikan laba yang cukup besar.ayam rica-rica yang saya berikan
nama “NASI AYAM RICA-RICA” saya buat
bebas dari bahan pengawet dan rasanya girih,enak,dan pedas.
a. Produk
Produk
yang dihasikan berupa makanan atau kuniner yamg digemari oleh banyak kalangan
masyarakat yang memiliki ukuran seragam yang terbuat dari olahan daging ayam
yang di beri bumbu pedas. Serta berbagai macam penunjangnya Bahan-bahan pembuatan Nasi Ayam Rica-Rica
adalah :
1) Daging
ayam
2) Minyak
goreng
3) Bawang
merah
4) Bawang
putih
5) Tomat
6) Cabe
rawit
7) Cabe
kriting
8) Jahe
dan kunyit
9) Daun
bawang
10) Sereh
11) Garam
12) Masako
13) Aji
nomoto
14) Kol
15) Timun
16) Beras
Alat-alat:
1) Seropum+sendok
2) Pisau
3) Wajan
besar
4) Kater
5) Sendok
tirisan
6) Sendok
nasi
7) Sendok
makan
8) Blender
9) Mangkok
10) Baskom
11) Panic
besar
12) Piring
b. Tempat
Tempat
produksi dilaksanakan di SMK 1 UNAAHA. Lokasi ini dipilih karena lokasinya
dekat dengan area pemasaran
c. Proses
Produksi
Cara
membuat Ayam Rica-rica ini yaitu:
1. Bersihkan
ayam dan potong menjadi beberapa bagian.
2. Panaskan
minyak cukup banyak dalam wajan,lalu goreng ayam hingga setengah
kekuningan jangan sampai kuning)setelah
itu angkat dan tiriskan.
3. Kemudian
panaskan minyak secukupnya didalam wajan yang akan digunakan untuk menumis,lalu
tumis semua bumbu halus,gula,garam dan penyedap rasa secukupnya aduk-aduk)
selanjutnya masukan ayam dan aduk hingga bumbu merata menutupi ayam.
4. Langkah
terakhir,tambahkan air secukupnya,sereh,jahe aduk hingga merata.tunggu hingga
ayamnya matang dan bumbunya meresap,kemudian angkat dan sajikanserta hias
dengan potongan timun dan tomat. Ayam Rica-Rica siap dipasarkan.
MARKETING
MIX
1. Product
produk)
Produk
yang dijual adalah”Ayam Rica-Rica”yang merupakan makanan kuliner
2. Price
harga)
Harga
perbungkus Rp 10.000,00 karena harga ini sangat terjangkau dan relative murah
3. Promation
promosi)
Dalam
,elakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan
dilakukan masa promosi pada setiap pembelian satu paket dengan isi 60 bungkus
4. Place
tempat)
Tempat
yang dipilih yaitu Di SMK 1 UNAAHA
BAB
111
ANALISIS
SWOT
1.
Kekuatan
Strenght)
Kekuatan
dari produk ini adalah:
a. Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat
b. Bahan
produk yang terjamin dan higenis
2.
Kelemahan
weakness)
Kelemahan
dari produk ini adalah:
a. Produknya
dapat ditiru dan banyak dipasaran
b. Tidak
tahan lama
3.
Peluang
Opportunity)
a. Banyak
peminat
b. Bisa
menjual sebagai reseller
c. Lokasi
strategis
4.
Ancaman
Threath)
a. Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang paling murah
BAB
IV
ANALISIS
BIAYA
A. Biaya
bahan baku
1.
Daging ayam 4 ekor@Rp.35.000
|
Rp.135.000
|
2.
Minyak bimoli 1 liter@Rp.12.000
|
Rp.
12.000
|
3.
Bawang merah ½ liter@Rp.12.000
|
Rp.
12.000
|
4.
Bawang putih @Rp.10.000
|
Rp.
10.000
|
5.
Tomat @Rp.5.000
|
Rp.
5.000
|
6.
Cabe rawit@Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
Rp.
5.000
|
|
Rp.
5.000
|
|
9.
Seropum+sendok
|
Rp.
50.000
|
Rp.
5.000
|
|
Rp. 3.000
|
|
Rp.
3.000
|
|
Rp.
3.000
|
|
Rp.
2.000
|
|
Rp.
10.000
|
|
Rp.
5.000
|
|
Rp.
48.000
|
|
Rp.
6.000
|
|
Rp.
28.000
|
|
Jumlah
|
Rp.362.000
|
B. Biaya
Peralatan
1.
Pisau
|
Rp. 10.000
|
2.
Kater
|
Rp. 5.000
|
3.
Wajan besar
|
Rp. 30.000
|
4.
Sendok tirisan
|
Rp. 15.000
|
5.
Sendok nasi
|
Rp. 5.000
|
6.
Sendok penggorengan
|
Rp. 15.000
|
7.
Blender
|
Rp.325.000
|
8.
Mangkok
|
Rp. 10.000
|
9.
Baskom
|
Rp. 20.000
|
10. Panci besar
|
Rp. 30.000
|
Jumlah
|
Rp.465.000
|
C.
Biaya
Operasional
Biaya
tetap + Biaya variabel
Rp.465.000
+ Rp.362.000 =Rp.827.000
D.
Pendapatan
per-hari
Hasil
penjualan = produksi x haraga per-unit
= 60 porsi xRp.10.000
= Rp.600.000 per-harinya
E.
Keuntungan
per-harinya
Keuntungan
= hasil penjualan – biaya produksi
= Rp.600.000 – Rp.362.000
= Rp.238.000
F.
Persentase
keuntungan
%
keuntungan = keuntungan x 100
Biaya
produksi
= 238.000 x 100
362.000
= 65,74%
BAB
V
2.1.
Kesimpulan
Kesimpulan bahwa agar
produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan baik dalam negeri
maupun luar negeri maka kita harus:
Ø Membuat
produk yang bermanfaat,berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing
Ø Membuat
produk lebih cepat dan lebih murah
Ø Memilih
dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan
2.2.
Saran
Dapat memberikan tentang
bidang usaha yang akan member jaminan sukses dalam penjualannya atau peluang
usaha yang ditekuni sebagai usaha sampingan dan juga memberikan kita pelajaran
untuk berwirausaha.
2.3.Penutup
Demikian proposal usaha
ini saya buat untuk memenuhi tugas sekolah. Semoga langkah ini memberikan
pengalaman baru dan bermanfaat untuk semua orang. Semoga Tuhan yang maha esa
memberikan berkat dan rahmatnya.
Komentar
Posting Komentar